Mengenal Senam Aerobik dan Manfaatnya bagi Kesehatan

 Apa itu Senam Aerobik?

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah "senam aerobik." Senam aerobik adalah bentuk aktivitas fisik yang merangsang peningkatan denyut jantung dan laju pernapasan selama sesi olahraga. Ini juga dikenal sebagai olahraga kardio, yang memerlukan pasokan oksigen ke otot yang sedang bekerja. Selama senam aerobik, jantung membantu mengedarkan oksigen dari paru-paru melalui pembuluh darah, sehingga laju pernapasan dan detak jantung Anda meningkat.

Berbagai jenis latihan aerobik meliputi senam lantai, jalan cepat, berenang, berlari, bersepeda, zumba, kickboxing, dan melompat tali. Senam aerobik sering dilakukan dengan irama musik, seperti senam jantung sehat, yang membuatnya menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mudah dilakukan oleh pemula.

Apa bedanya aerobik dan anaerobik? Anaerobik adalah jenis latihan yang tidak memerlukan pasokan oksigen dan cenderung membuat Anda cepat kehabisan napas. Ini terutama berkaitan dengan aktivitas berintensitas tinggi, seperti berlari cepat atau latihan beban. Terlalu tingginya intensitas latihan aerobik juga dapat mengubahnya menjadi jenis anaerobik.

Berbagai Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh

Senam aerobik memiliki manfaat yang luas untuk kesehatan tubuh Anda, terlepas dari usia, jenis kelamin, atau berat badan. Ini membantu menjaga kesehatan paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah (kardiovaskular). Selain itu, ada berbagai manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari senam aerobik:

Mencegah dan membantu mengobati kanker: Orang yang melakukan aktivitas fisik secara teratur selama 30-60 menit per hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus daripada yang tidak aktif. Bahkan, ada bukti bahwa latihan aerobik dapat mengurangi kelelahan pada pasien kanker yang menjalani pengobatan.

Mengurangi depresi: Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi gejala depresi. Bahkan satu sesi olahraga dapat memberikan perbaikan pada mood Anda.

Mengendalikan berat badan: Senam aerobik membantu membakar kalori berlebih dan mengontrol berat badan. Studi menunjukkan bahwa latihan aerobik secara teratur dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

Mengontrol kadar kolesterol dan gula darah: Senam aerobik meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta membantu mengatur kadar gula darah, yang dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes.

Meningkatkan imunitas tubuh: Latihan aerobik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi antibodi, yang membantu melawan penyakit.

Memperbaiki gangguan tidur: Senam aerobik jangka panjang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala insomnia.

Mencegah risiko kematian dini: Orang yang aktif dalam senam aerobik memiliki harapan hidup lebih lama dan risiko kematian dini yang lebih rendah akibat penyakit jantung, kanker, dan cedera.

Seberapa Sering Sebaiknya Anda Melakukan Senam Aerobik?

American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik per minggu, yang dapat dibagi menjadi sesi latihan 30 menit per hari selama 5 hari. Anda juga disarankan untuk melengkapi latihan aerobik dengan latihan kekuatan otot dua kali seminggu untuk membangun massa otot.

Jadi, senam aerobik bukan hanya membantu menjaga kebugaran tubuh Anda, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan. Jika Anda memiliki keraguan atau masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program latihan aerobik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Renang Gaya Dada : Teknik, Manfaat, dan Tips Berenang yang Efektif

Sejarah Lari Estafet di Dunia dan Indonesia, Lengkap Dengan Peraturannya

Mempelajari Teknik-teknik Lompat Jauh